Rabu, 11 November 2015

Sekolah Tinggi Pariwisata Ambarrukmo (STiPrAm)



Milik INNA HOTEL GROUP, MENGANTAR MASA DEPAN ANDA

Ucapan syukur perlu kita sampaikan, bahwa anda sudah bergabung bersama kami, STiPrAm, suatu institusi besar yang terpercaya dan terbaik.

Kalau hari kemarin kami masih perlu memperkenalkan diri, kali ini kami yakin bahwa kehadiran anda ke STiPrAm memang sudah tahu segala tentang kami. Bahwa STiPrAm pilihan Anda di masa penuh kompetisi dan kompetitif ini, memanglah solusi yang sangat bijaksana dan tepat. Saya yakin anda tidak pernah ragu memilih STiPrAm, karena anda yakin pula lewat STiPrAm terpenuhi masa depan anda.
Memang hanya kami yang memprioritaskan karir anda di masa depan.
Selamat berkarir, semoga sukses selalu.
Kampus :
Jl. Laksda Adisucipto Km. 5 Yogyakarta 55281 Indonesia
Telp.     : (0274) 485 650, 7487497
Fax.      : (0274) 485 214
Web      : www.stipram.ac.id / www.stipram.com

Kenapa STiPrAm unggulan?

Kurikulum berbasis kompetensi kompetitif dan progresif, jaminan nilai profesional bagi SDM handal cukup diselesaikan dalam waktu relatif singkat.

Memiliki pola pengajaran aktif, untuk membuka wawasan, penalaran sekaligus membangun jiwa kemandirian. Laboratorium lengkap, baik bahasa, komputer maupun hotel lab.lainnya dengan fasilitas lengkap kampus terpadu.

Khusus untuk tingkat Diploma 3, modul 30% teori dan 70% praktek, benar-benar diterapkan dengan actual measurement yang terprogram sejak mahasiswa duduk pada semester pertama sampai dengan terakhir, lewat kegiatan Job Oroentaion dan Casual Program agar mendapat job experience maksimal.
Graduate Evaluation diterjemahkan sebagai konsekuensi akademis untuk melihat kekurangan dan kelebihan mahasiswa, untuk dibenahi terus-menerus setiap tahapan, lewat spesialisasi penjurusan.

Secara akademik dan profesi, kemampuan mahasiswa STiPrAm disiapkan pada level mengengah ke atas dengan mantap, sebab selain menguasai technical skill juga harus menguasai managerial skill. Bukan hal aneh semasih berstatus mahasiswa sudah terfasilitasi bekerja baik di dalam maupun luar negeri.

Membekali mahasiswa untuk eksis, mandiri dan percaya diri untuk merebut posisi terhormat di masa depan. Pembelajaran praktikum dengan modul seating-system, hanya ada di STiPrAm. Semua kegiatan praktikum dan praktek gratis dengan ditunjang keberadaan 15 hotel PT HIN. Biaya perkuliahan sangat murah dibanding apa yang didapatkan.

Kenapa Harus Pilih STiPRAM

1.      Kuliah cepat D3 cukup 2,5 tahun dan S1 hanya 3,5 tahun
2.      Biaya termurah
3.      Kuliah sambil kerja
4.      Semester ke-2 sudah magang kerja, dapat honor semester ke-4 sudah bekerja dapat gaji baik di dalam maupun di luar negeri
5.      Akses untuk PNS terbuka lebar
6.      Di Indonesia baru 4 (empat) Perguruan Tinggi Pariwisata yang memiliki ijin Resmi untuk S1 (Strata satu)
7.      Milik Inna Hotel Group dengan jejaringan Hotel Internasional
8.      Program D3 terakreditasi A Program S1 (Pertama di Indonesia) Terakreditasi B
9.      Tersedia banyak macam beasiswa
10.  Tersedia Asrama Mahasiswa

Kerjasama

Telah dijalin kerjasama yang sangat baik dengan institusi pendidikan tinggi baik di dalam maupun luar negeri. Untuk pengambilan Master Profesional Pariwisata dapat di ambil program AHLA (American Hotel Lodging Association) di Michigan atau IMI dan ITIS Switzerland atau MHTEC Kualalumpur, dapat langsung dilanjutkan dari STiPrAm.

Kerja Praktek di luar negeri maupun casual, network kita di Singapura, Malaysia, Belanda, Uni Emirat Arab, UK (Inggris) atau ke USA (Amerika) sudah merupakan salah satu sasaran pengalaman kerja.

Di dalam negeri semua unit PT HIN, Accor Group, Choice, Hyatt, Haris, dsb selalu berpartisipasi. Belum lagi Hotel, Restoran, Cafe yang banyak melakukan jalinan kerja sama untuk memfasilitasi kegiatan mahasiswa. Event-event Organizer Internasional dan juga Kapal Pesiar telah lama dan selalu menjadi partner STiPrAm dalam membina karir anak bangsa.





Profil STiPram Yogyakarta



AkademiPariwisata Ambarrukmo disingkat AkPrAm adalah perguruan tinggi swasta di bawah naungan Yayasan Ambarrukmo yang berdiri tanggal 13 September 2001. Namun terhitung sejak tanggal 5 Agustus 2008, statusnya sudah berubah menjadi Sekolah Tinggi Pariwisata Ambarrukmo disingkat STiPrAm

Yayasan Ambarrukmo sendiri adalah lembaga sosial bidang kependidikan yang dimiliki PT. Hotel Indonesia Natour (Inna Hotel Group), sebuah BUMN yang mengelola 15 hotel bertaraf internasional, sehingga suatu jaminan kualitas baik SDM, Materi Pengajaran, yang up to date sesuai perkembangan perhotelan dan pariwisata global.

STiPrAm memiliki 2 program studi, yaitu Hospitality (S1) dan Perhotelan (D3)
Hospitality: Suatu kegiatan pelayanan dalam menunjang industri jasa, khususnya kegiatan ilmu kepariwisataan.

Kegiatan ilmu kepariwisataan mencakup keilmuan untuk industri jasa hotel, perbankan, rumah sakit, pegawai negeri, perjalanan termasuk air line, cruise dan overland, yang intinya adalah pelayanan sebagai Host (tuan rumah), masalah science of service dan science of courtesy menjadi pilar utama dalam menyelesaikan setiap pekerjaan (Job Requirment Standard).

Dekade sekarang dan kedepan, hal diatas menjadi nilai kompetitif dan kompetensi bagi Sumber Daya Manusia yang diminta dan dibutuhkan.




Akreditasi S1 (Hospitality)

AKREDITASI PRODI S1

Program Studi Hospitality (Strata 1) Sekolah Tinggi Pariwisata Ambarrukmo Yogyakarta(STIPRAM) kini telah mendapatkan Akreditasi B. Hal ini setelah Tim Asesor dari Badan Akreditasi Nasional (BAN-PT) melaksanakan visitasi pada pertengahan April lalu. Peringkat akreditasi ini dituangkan secara resmi dalam Surat keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi Nomor: 003/BAN-PT/Ak-XIV/S1/VI/2011 tanggal 20 Mei 2011. Menurut SK tersebut, akreditasi B itu akan berlaku selama 5 (lima) tahun ke depan, dan setelah itu akan diadakan peninjauan kembali oleh BAN-PT.
Perolehan akreditasi Program Studi Hospitality disambut gembira oleh Ketua STIPRAM, Suhendroyono, SH., MM., M.Par. Beliau juga menyampaikan apresiasi khusus terhadap upaya yang telah dilakukan Program Studi Hospitality selama ini. “Tentunya, ada kerja keras dalam prosesnya. Program Studi Hospitality sudah melakukan berbagai perbaikan dan membenahi kelemahan yang ada selama ini, seperti peningkatan kualitas SDM, karya ilmiah dosen serta meningkatkan fasilitas sebagai penunjang proses belajar”, paparnya.
Dengan melihat perolehan peringkat akreditasi tersebut diartikan bahwa peran pariwisata semakin diakui dan mendapatkan tempat di masyarakat. Dan diharapkan dunia pariwisata dapat berkembang pesat dengan dicetaknya lulusan yang profesional terdidik dan terlatih di bidang hospitality serta memiliki kemampuan entrepreneurship, mengabdikan ilmu untuk pengembangan pariwisata nasional dan membiasakan berfikir intelektual dan bertindak secara profesional seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan teknologi dan kesenian untuk menjawab berbagai permasalahan yang bertaraf lokal, nasional, regional dan internasional
Melihat kondisi persaingan institusi pendidikan saat ini yang semakin ketat, ujar Kepala Program Studi S1 Moch Nur Syamsu, S.Pt., M.Par lebih lanjut, peringkat akreditasi Program Studi Hospitality ini akan membawa hal yang sangat positif. Akreditasi menjadi salah satu nilai plus bagi Program Studi ini dalam kerangka persaingan institusi, baik lokal maupun global. “Ke depan, tetap diperlukan akselerasi-akselerasi dari Prodi ini. Meskipun upaya tersebut dilakukan secara bertahap dan berjenjang, diharapkan nantinya capaian ini akan berhasil meningkat kembali”, Kepala Program Studi Hospitality, menambahkan.

Selain itu, ketua STIPRAM, Suhendroyono, SH., MM., M.Par. juga mengungkapkan bahwa perolehan akreditasi merupakan bagian dari komitmen STIPRAM yang sudah dicanangkan selama ini menuju perguruan tinggi bertaraf internasional. “Komitmen ini tentunya juga menuntut adanya konsekwensi logis dengan meperbaiki komponen-komponen dasar penilaian, seperti peningkatan karya ilmiah, peningkatan kinerja SDM, serta tersedianya fasilitas yang menunjang proses belajar”, pungkasnya.
(Mistḗr Ajie)



Akreditasi S1 (Hospitality)

AKREDITASI PRODI S1

Program Studi Hospitality (Strata 1) Sekolah Tinggi Pariwisata Ambarrukmo Yogyakarta(STIPRAM) kini telah mendapatkan Akreditasi B. Hal ini setelah Tim Asesor dari Badan Akreditasi Nasional (BAN-PT) melaksanakan visitasi pada pertengahan April lalu. Peringkat akreditasi ini dituangkan secara resmi dalam Surat keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi Nomor: 003/BAN-PT/Ak-XIV/S1/VI/2011 tanggal 20 Mei 2011. Menurut SK tersebut, akreditasi B itu akan berlaku selama 5 (lima) tahun ke depan, dan setelah itu akan diadakan peninjauan kembali oleh BAN-PT.
Perolehan akreditasi Program Studi Hospitality disambut gembira oleh Ketua STIPRAM, Suhendroyono, SH., MM., M.Par. Beliau juga menyampaikan apresiasi khusus terhadap upaya yang telah dilakukan Program Studi Hospitality selama ini. “Tentunya, ada kerja keras dalam prosesnya. Program Studi Hospitality sudah melakukan berbagai perbaikan dan membenahi kelemahan yang ada selama ini, seperti peningkatan kualitas SDM, karya ilmiah dosen serta meningkatkan fasilitas sebagai penunjang proses belajar”, paparnya.
Dengan melihat perolehan peringkat akreditasi tersebut diartikan bahwa peran pariwisata semakin diakui dan mendapatkan tempat di masyarakat. Dan diharapkan dunia pariwisata dapat berkembang pesat dengan dicetaknya lulusan yang profesional terdidik dan terlatih di bidang hospitality serta memiliki kemampuan entrepreneurship, mengabdikan ilmu untuk pengembangan pariwisata nasional dan membiasakan berfikir intelektual dan bertindak secara profesional seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan teknologi dan kesenian untuk menjawab berbagai permasalahan yang bertaraf lokal, nasional, regional dan internasional
Melihat kondisi persaingan institusi pendidikan saat ini yang semakin ketat, ujar Kepala Program Studi S1 Moch Nur Syamsu, S.Pt., M.Par lebih lanjut, peringkat akreditasi Program Studi Hospitality ini akan membawa hal yang sangat positif. Akreditasi menjadi salah satu nilai plus bagi Program Studi ini dalam kerangka persaingan institusi, baik lokal maupun global. “Ke depan, tetap diperlukan akselerasi-akselerasi dari Prodi ini. Meskipun upaya tersebut dilakukan secara bertahap dan berjenjang, diharapkan nantinya capaian ini akan berhasil meningkat kembali”, Kepala Program Studi Hospitality, menambahkan.

Selain itu, ketua STIPRAM, Suhendroyono, SH., MM., M.Par. juga mengungkapkan bahwa perolehan akreditasi merupakan bagian dari komitmen STIPRAM yang sudah dicanangkan selama ini menuju perguruan tinggi bertaraf internasional. “Komitmen ini tentunya juga menuntut adanya konsekwensi logis dengan meperbaiki komponen-komponen dasar penilaian, seperti peningkatan karya ilmiah, peningkatan kinerja SDM, serta tersedianya fasilitas yang menunjang proses belajar”, pungkasnya.
(Mistḗr Ajie)



KEGIATAAN MAHASISWA

ESC (English Speaking Club)


English Speaking Community diadakan agar mahassiwa dapat selalu mempraktekan berbahasa asing, sehingga dapat langsung terjun ke dunia pariwisata.

Kesenian

Untuk meningkatkan jiwa seni mahasiswa maka disediakan berbagai kegiatan seni mahasiswa

Teknologi Informasi

Stipram dalam mendukung kegiatan bela
jar mengajar, terutama mempermudah mahasiswa mencari informasi, maka disediakan Hotspot dilingkungan kampus, hotspot tersebut selain dapat digunakan untuk mengakses internet selama 24 jam penuh juga dapat untuk membuka Digital Library

Olah Raga

Tersedia juga berbagai Kegiatan Mahasiswa yang bisa diikuti oleh semua mahasiswa STiPrAm, diantaranya:
Fasilitas berbagai macam olah raga disediakan, semua itu dalam rangka agar para mahasiswa dapat terjaga kesehatannya. Didalam badan yang sehat terdapat jiwa yang kuat




FASILITAS



·         Gedung

Sudah suatu keharusan ruang perkuliahan memerlukan gedung.

Demikian juga halnya dengan STiPrAm, tersedia banyak ruang kuliah yang aplikatif untuk aktifitas perkuliahan.

Dilengkapi Air Conditioner (AC) pada masing-masing ruangan, maka perkuliahan akan terasa lebih menyenangkan.

Selain gedung, di STiPrAm juga tersedia berbagai fasilitas untuk menunjang pembelajaran baik bagi mahasiswa maupun dosen.

 

·         Laboratorium

Laboratorium Komputer

Laboratorium komputer sangat berperan dalam pola pengajaran SCL (Student Center Learning), Stipram dilengkapi dengan laboratorium yang semua terhubung dengan Internet dan Digital Library, sehingga sangat mendukung mahasiswa dalam proses belajar


Laboratorium Bahasa
Dalam dunia pariwisata yang global, maka dibutuhkan penguasaan bahasa asing. Stipram dalam mendukung pengajaran bahasa asing yang meliputi Bahasa Inggris, Bahasa Perancis, dan Bahasa Mandarin, menyiapkan Laboratorium bahasa yang lengkap sehingga mahasiswa dapat dengan mudah menguasai 3 bahasa asing tersebut

Laboratorium Kitchen & Pastry

Laboratorium Kitchen dan Pastry digunakan untuk memeprsiapkan agar mahasisswa dengan 70 % praktek dapat benar-benar memiliki kompetensi sehingga setelah lulus pasti siap untuk terjun keduani kerja atau dapat membuka peluang usaha


Mahasiswa mempersiapkan menu untuk Stipram Restaurant


Mahasiswa siap untuk mengolah menu dalam jumlah banyak



Mahasiswa dapat bekerja secara mandiri maupun dalam Tim






STRUKTUR ORGANISASI STiPRAM YOGYAKARTA


Ketua                            Wakil Ketua
Suhendroyono,SH.,MM.,M.Par  Dra. Damiasih,MM.,M.Par

Kaprodi S1 Hospitality          Kaprodi D3 Perhotelan
Moch.Nur Syamsu,S.Pt.,M.Par  Syawal Sudiro,SE.,MM.,M.Par

Kemahasiswaan                   Kepala BAUK
Isdarmanto,SE.,MM.,M.Par        Drs.Suyitno,MM

IT Library                          Litbang
Yarmanto,SE.,MM.,M.Par       Atik Hendarwati,SE
  
Staff BAUK                   UPT                      Administrasi
Dwiyono Rudi S,SE.,MM.,M.Par - Ign. Haryanto,SE.,M.Par - Syaifullah,S.Ag.,M.Par











1 komentar:

  1. Harrah's Cherokee Casino & Hotel - Mapyro
    Get directions, reviews and information for Harrah's Cherokee Casino 남양주 출장마사지 & Hotel 경산 출장마사지 in 전라남도 출장샵 Cherokee, NC. 목포 출장샵 777 Casino Parkway, Cherokee, 문경 출장샵 NC 28719.

    BalasHapus